Selasa, 18 Desember 2018

Sort and searching

Dalam kodingan,tentunya kita akan berhadapan dengan banyak data.Banyak sekali data data yang tidak mungkin kita lihat satu persatu karena pada dunia kerja kita akan menghadapi banyak data yang mungkin berjumlah jutaan atau bahkan miliaran.Maka dari itu kita menggunakan apa yang dinamakan teknik sorting.Sorting adalah cara dimana kita dapat memilah data berdasarkan urutan.Pada teknik sorting dikenal teknik bubble sort,insertion sort,merge sort,dan quick sort.

BUBBLE SORT

Bubble sort adalah kita membandingkan data satu dengan data selanjutnya Sampai ke ujung.dan setelah itu kita kebali lagi ke data berikutnya sampai ke ujung.Cara ini dinilai tidak efektif karena kita harus mensortir data satu per satu.
Image result for bubble sort

Inssertion sort

Insertion sort  adalah sebuah metode pengurutan data dengan menempatkan setiap elemen data pada pisisinya dengan cara melakukan perbandingan dengan data – data yang ada. ... Dalam pengurutan data, metode ini dipakai bertujuan untuk menjadikan bagian sisi kiri array terurutkan sampai dengan seluruh array diurutkan.
Image result for apa itu insertion sort

Qick sort

Quick Sort merupakan suatu algoritma pengurutan data yang menggunakan teknik pemecahan data menjadi partisi-partisi, sehingga metode ini disebut juga dengan nama partition exchange sort. Untuk memulai irterasi pengurutan, pertama-tama sebuah elemen dipilih dari data,  kemudian elemen-elemen data akan diurutkan diatur sedemikian rupa
Image result for quick sort adalah

Merge Sort

Cara ini dianggap sebagai pesaing dari quick sort karena dalam beberapa kasus merge sort lebih cepat daripada quick sort.Merge sort sendiri adalah metode membagi data menjadi 2 terus menerus sampai menjadi terkecil hingga terus naik keatas dan dibandingkan dengan skala yang terbesar

Image result for merge sort

Searching

Searching adalah metode untuk mencari adakah data yang dimaksud dalam suatu array.ada dua cara yang terkenal yaitu srquental dan binary.Sequantal adalah cara primitf dimana program mencari data dari index pertama sampai terakhir.Binary adalah membagi dua array dan mencari di sisi manakah data tersebut berada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar